SMONAGENES UB

Pembentukan kelompok penelitian yang berbasis pada rekayasa hayati ‘Molekul Cerdas dari Sumber Genetik Alami’ (Smart Molecule of Natural Genetics Resource, SMONAGENES) bertujuan menciptakan suatu sistem manajemen riset yang terpadu, efisien, efektif dan terbuka dengan visi dan misi yang jelas meliputi peningkatan publikasi ilmiah, paten produk riset, kerjasama dengan pihak luar nasional maupun internasional, dan manajemen pemasaran yang tepat, kompetitif & daya saing tinggi.

Hasil-hasil penelitian anggota staf peneliti pelaksana program perlu dilakukan publikasi melalui jurnal ilmiah dan presentasi ilmiah khususnya  internasional. Jumlah publikasi ilmiah selama 3 tahun terakhir  adalah 13 publikasi internasional,dan 16 publikasi nasional. Berdasarkan pada sumber daya yang ada dan pengalaman tim anggota peneliti maka sebenarnya jumlah publikasi ilmiah internasional hasil penelitian masih dirasa kurang dan perlu lebih ditingkatkan karena beberapa alasan khususnya rata-rata jumlah publikasi tiap peneliti yang masih sangat bervariasi. Kendala umum adalah kurangnya kemampuan menulis dalam bahasa Inggris.

Pada tahun pertama selain publikasi ilmiah dan diseminasi internal, difokuskan pada pembenahan sistem manajemen riset yang ada pada kelompok SMONAGENES ini. Pendekatan system manajemen riset pada pembentukan kelompok riset ini adalah menitikberatkan pada perubahan sistem manajemen yang memiliki fleksibilitas, efektifitas dan efisiensi, mobilitas, akuntabilitas, internasionalisasi dan daya saing dalam lembaga akademis pada peningkatan kualitas individu dalam kelompok kajian inter-disipliner, serta menerapkan kebijakan yang tepat.

Secara umum dari tahun pertama hingga tahun ketiga adalah proyek ini akan membangun dan menguatkan kelompok riset interdisipliner dari mulai peningkatan teknologi penyediaan dan peningkatan sumber genetik lokal, pengembangan penanda biomolekuler dari sumber genetik maupun gen-gen target pada penyakit manusia sampai dengan fungsi dari bioaktif compound dari sumber genetik lokal sebagai bahan terapi penyakit pada manusia. Sehingga ada peningkatan secara nyata publikasi karya ilmiah dalam bentuk publikasi jurnal, maupun mengikuti seminar atau konferensi ilmiah skala internasional, paten hasil riset yang dapat disebarluaskan ke masyarakat luas, membangun kerjasama dengan pihak luar, dan menetapkan sistem pemasaran yang tepat dan komprehensif.