Pusat studi Smart Molecule of Natural Genetic Resources, atau biasa dikenal dengan PS SMONAGENES kembali menggelar webinar series 3 yang bertajuk “Sukses Publikasi Ilmiah Internasional dan Menulis Buku Ilmiah Populer” bagi mahasiswa dan umum pada Sabtu, 27 Maret 2021 melalui zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari pengajar SMP, pengajar SMA, mahasiswa, dosen, dan pegiat pendidikan lainnya. Menariknya, dengan menggunakan sistem daring maka kegiatan ini dapat diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

 

Gambar 1. Foto bersama para peserta webinar series 3

Pemateri yang dihadirkan pada webinar ini yaitu Prof. Fatchiyah, M.Kes., PhD dan Dr. Ir. Nur Hidayat, MP. Webinar dipimpin oleh Anna Safitri, PhD sebagai moderator.  Materi pertama disampaikan oleh Prof. Fatchiyah, M.Kes. PhD tentang “Strategi Sukses Menulis dan Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi”.  Prof. Fatchiyah dikenal sebagai peneliti aktif dengan karya 155 karya artikel pada jurnal internasional bereputasi. Beliau juga dikenal sebagai dosen berprestasi yang memiliki berbagai penghargaan, seperti peringkat 21-Final Top 200 Sinta Overall Universitas Brawijaya (2020), peneliti aktif dengan kategori artikel bereputasi tinggi bidang kesehatan dan obat oleh Ristek/BRIN dan dosen berprestasi UB. Selain itu, beliau juga aktif menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk buku dan paten.

Dalam presentasinya, Prof.Fatchiyah memaparkan bagaimana menulis artikel yang baik dan benar serta diterima oleh jurnal bereputasi. “Dalam menulis artikel, sampaikanlah tulisan secara obyektif, rasional, dan sesuai dengan guideline jurnal yang dituju. Tips lainnya dalam membuat sebuah pembahasan, hendaklah mencari artikel yang berbanding terbalik dengan hasil penelitian kita, agar komunikasi di dalam artikel tersebut menarik dan disitasi banyak orang” papar Prof.  Fatchiyah dalam presentasinya. Prof. Fatchiyah juga menyampaikan bahwa, “untuk menilai artikel yang telah ditulis, maka kirimkan artikel ke beberapa jurnal, misalnya ke jurnal Q1 untuk mendapatkan masukan, sehingga artikel menjadi lebih baik”.

Gambar 2. Sesi materi bersama Prof Fatchiyah dan Dr. Nur Hidayat

Gambar 3. Sesi Diskusi yang dipandu oleh Ibu Anna Safitri, PhD

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Nur Hidayat, MP tentang menulis dan menerbitkan buku ilmiah popular. Dr. Nur Hidayat merupakan salah satu dosen di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Tidak jauh berbeda dengan pemateri pertama, Dr. Nur Hidayat juga dikenal sebagai dosen yang memiliki berbagai karya yang menginspirasi. Dalam kurun waktu 5 tahun beliau telah berhasil menerbitkan karyanya dalam bentuk buku sebanyak 11 judul. Melalui presentasinya, Dr. Nur Hidayat menyampaikan bahwa untuk menghasilkan buku yang dapat diterbitkan perlu menerapkan prinsip menulis satu halaman per hari. Prinsip ini bertujuan untuk menjadikan menulis sebagai kebiasaan sehingga nanti dapat menghasilkan karya-karya yang bisa diterbitkan. (drts)

Close Menu