Malang-20 Maret 2019

Pusat Studi Molekul Cerdas Berbasis Sumber Genetik Alami atau Smart Molecule of Natural Genetics Resource (PS SMONAGENES) kembali mengadakan Workshop Bioinformatika 2019 pada hari Senin-Selasa tanggal 18-19 Maret 2019 di ruang Sidang lantai 5 MC FMIPA Universitas Brawijaya (UB) yang merupakan kelanjutan dari workshop bioinformatika pada tanggal 8 Oktober 2018 lalu. Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan The 9th Basic Science International Conference (BASIC) 2019 yang diadakan pada tanggal 20-21 Maret 2019. Adapun tema workshop adalah “Bioinformatics : Harmonization of Information Technology and Biotechnology in Industrial Revolution 4.0”. Dua pemateri pakar di bidang bioinfomatika yang hadir adalah Bayu Rahayudi, M.T.,M.M dengan materi “Computational algorithm on bioinformatics and implementation” dan Dr. Drs. Sentot Joko Raharjo,M.Si dengan materi “Virtual molecular docking and dynamic”.

Pada hari pertama workshop disajikan dalam bentuk kuliah pakar, diskusi interaktif dan praktikum bioinformatika menggunakan berbagai software bioinformatika yang dipandu langsung oleh Dr. Drs. Sentot Joko Raharjo, M.Si. dengan materi praktikum yaitu “molecular docking and molecular dynamic” yang membahas mulai dari pengenalan analisis in silico, molecular docking dan visualisasi hingga hubungan binding energy dengan IC-50 yang diakhiri dengan penugasan ke peserta berupa mini project. Tugas mini project yang diberikan di hari pertama dipresentasikan dan didiskusikan pada hari kedua workshop.

Dalam sambutannya, Anna Safitri, M.Sc.,Ph.D selaku ketua Pusat Studi SMONAGENES mengatakan bahwa kegiatan ini adalah lanjutan dari workshop bioinformatika yang sebelumnya telah diadakan dan merupakan salah satu program kerja pusat studi pada tahun 2019 yang mendapatkan dukungan dari LPPM UB. Beliau juga menyampaikan dengan adanya workshop ini akan menguatkan pemahaman peserta di bidang ilmu bioinformatika sehingga mampu mendukung data riset untuk keperluan peningkatan publikasi pada jurnal ilmiah sekaligus mendukung revolusi industri 4.0. Dalam upaya mendukung revolusi industry 4.0, Pusat Studi SMONAGENES juga akan mengadakan seminar internasional 1st International Seminar on Smart Molecule of Natural Resources, 11-12 Juli 2019.

Menurut Ema, salah satu peserta kegiatan menyampaikan pendapatnya setelah acara berakhir, “saya semakin mendapatkan pemahaman yang lebih secara konsep dan teknis dalam melakukan molecular docking untuk mendukung riset saya setelah mengikuti acara ini karena sebelumnya juga mengikuti acara serupa yang diadakan oleh Pusat Studi SMONAGENES. Saya bersyukur bisa mengikuti acara ini”. (eshaf)

Close Menu