Prof. Fatchiyah, MKes., PhD, ketua pusat studi SMONAGENES Universitas Brawijaya diundang oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya pada Rabu, 30 Juni 2021 dalam kegiatan pendampingan penyusunan Modul Perkuliahan dan Praktikum untuk Program Studi Biologi. Prof. Fatchiyah merupakan Guru Besar di Jurusan Biologi yang aktif dalam bidang penelitian juga aktif berkarya menulis Buku. Karya Buku yang dihasilkan yaitu Prinsip Dasar Bioinformatika, Strategi penulisan Artikel Ilmiah, Biologi Molekuler; Prinsip Dasar Analisis, Kajian Nutrigenomik dan Kesehatan, dan Beras Berpigmen Asli Indonesia. Dalam pemaparannya, Prof Fatchiyah memaparkan tips dalam menulis buku, yakni dengan menggunakan mind mapping untuk memetakan ide-ide yang akan ditulis dalam buku. “Mind mapping selain berfungsi untuk memaparkan ide, juga mempermudah penulis untuk mengembangkan bahan secara sistematis dan berkesinambungan”, jelas Prof. Fatchiyah dalam presentasinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Prof. Fatchiyah menyampaikan materi dalam Workshop Virtual Strategi menulis buku ajar (Dokumentasi Prof. Fatchiyah)

Buku ajar merupakan salah satu jenis buku yang banyak ditulis oleh akademisi termasuk dosen. Buku ajar data bersumber dari hasil penelitian yang dikombinasikan dengan teori-teori yang sudah ada. Artikel ilmiah yang telah terbit dalam jurnal dapat dikombinasikan dan disintesis, sehingga membentuk karya buku ajar, yang mana buku ajar dapat digunakan sebagai referensi, monograf, laporan dan juga HAKI. Adanya buku ajar selain menyalurkan hobi dalam menulis, juga digunakan untuk angka kredit dosen dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian, pengabdian masyarakat dan Pendidikan dan pengajaran. Buku ajar berbeda dengan jenis buku lainnya, seperti buku monograf, buku referensi dan diktat perkuliahan atau praktikum. “Buku Ajar memiliki ciri khas, yakni ditujukan untuk mahasiswa dan meningkatkan minat baca mahasiswa, sehingga buku ajar disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel, sistematis dan terstruktur guna mencapai kebutuhan dan kompetensi mahasiswa” Papar Prof Fatchiyah dalam presentasinya.

“Dalam penulisan buku ajar, terdapat strategi untuk menyusunnya, yang pertama disusun berdasarkan Pustaka yang up to date dari pengalaman penelitian dan pengabdian masyarakat. Setiap Bab merupakan isi materi pada setiap pertemuan dan setiap bab terdapat tugas individu sebagai bahan diskusi” Ungkap Prof. Fatchiyah.

Melalui materi ini, Prof Fatchiyah juga menyampaikan kriteria naskah buku yang baik yaitu sesuai dengan kepakaran penulis, diterbitkan oleh penerbit, lebih dari 40 halaman dan ber-ISBN. Hal yang perlu diperhatikan juga memahami pentingnya gaya selingkung atau gaya penulisan yang berlaku di lingkungan sebuah media. Selain itu prakata juga penting untuk menyiratkan pentingnya buku ajar, kelebihannya, sasaran dan rangkuman isi yang terdapat dalam buku serta pesan untuk menggunakan buku ajar secara efektif. Ilustrasi pada buku juga diperlukan untuk memberikan alat bantu kepada pembaca dalam pemahaman isi tulisan, terutama untuk alat-alat yang digunakan dalam analisis atau tahapan analisis dalam diktat praktikum dan sebagainya (DRTS).

Close Menu