Malang, 08 Juli 2020

Prof. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D dari jurusan Biologi FMIPA UB terkenal sebagai ahli di bidang nutrigenomik, yang memfokuskan diri eksplorasi molekul cerdas dari bahan makanan tanaman atau hewan yang dapat mengontrol mekanisme dalam tubuh terkait gen-gen penyakit pada manusia. Fatchiyah ini adalah selain pernah sebagai direktur LSIH UB dan saat ini masih menjabat sebagai Direktur Institute Biosains UB, beliau juga pendiri Pusat Studi Molekul Cerdas Dari Sumber Genetik Alami atau lebih dikenal sebagai SMONAGENES UB yang saat ini di bawah naungan LPPM UB.

Prof. Fatchiyah saat memaparkan materi.

Prof. Fatchiyah telah berhasil memperoleh dana riset dari LPDP Kemenkeu RI melalui program Riset Inovatif Produktif (RISPRO) bertema Prioritas Riset Nasional dari KemenristekBRIN dan LPDP 2020 sd 2024. Adapun kajian yang akan diteliti adalah Pemetaan Genetik, Proteomik, Dan Kajian Nutrigenomik Jenis Padi Berpigmen Di Jajaran Pulau Sundaland Di Indonesia Sebagai Bahan Nutrisi Sehat Nasional. Pada riset ini merupakan riset mandatori dari KemenristekBrin dan didanai LPDP dalam bentuk kerjasama dengan Balai Besar Penelitian Padi Deptan, Kementan di Jawa Barat. Selain itu, untuk kajian proteomik padi hitam dari pulau Jawa telah dimulai sejak dua tahun lalu sebagai wujud kerjasama riset internasional PS SMONAGENES UB dengan laboratorium Biokimia Departemen Kimia, Suranaree University of Technology di Thailand, dan Prof James RK Cairns sebagai koordinator peneliti dari Thailand.

Dalam proyek ini termasuk mendanai mahasiswa S2 dan S3 terkait memberi beasiswa untuk SPP dan penelitiannya. Pada proyek besar ini meliputi penelitian, publikasi ilmiah, menerbitkan Buku hasil riset padi Indonesia, dan menghasilkan produk-produk nutrisi sehat dalam bentuk makanan siap saji untuk bayi dan manula, maupun produk kecantikan alami juga dikaji sesuai standar kesehatan. (drts2020)

https://prasetya.ub.ac.id/berita/Teliti-Potensi-Gen-Varietas-Beras-Berpigmen-Profesor-UB-Raih-Pendanaan-Riset-24482-id.html

Close Menu