Malang, 15 Juli 2019

Pusat Studi SMONAGENES (Smart Molecules of Natural Genetics Resources) Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan seminar internasional yang bertajuk ISSMART 2019 (1st International Seminar on Smart Molecule of Natural Resources). Kegiatan seminar internasional ini merupakan pertama kalinya diadakan oleh PS SMONAGENES. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2019, di hotel Swiss-Bellin Malang. Tema pada kegiatan ini adalah “Smart Molecule of Natural Resources for Biotechnology Perspective in Industrial Revolution 4.0”. Keynote speakers yang diundang dalam kegiatan ini adalah Chandra Kirana, Ph.D dari University of Adelaide, Australia, Dr Sakesit Churmnarnsilpa, dari Suranaree University of Technology, Thailand, dan Assoc Prof Dr Roswanira Abdul Wahab, dari Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia. Ketua Pusat Studi (PS), Anna Safitri, Ph.D menjadi keynote speaker dalam acara ini, dengan tujuan lebih memperkenalkan PS SMONAGENES kepada presenter dan delegasi dari ISSMART 2019.

Adapun ruang lingkup dari topik-topik presentasi dibagi menjadi 6 bagian yaitu molecular genetics, bioinformatics, biotechnology, bionatural, biomedical, dan biodiversity. Jumlah peserta yang hadir sekitar 100 orang, terdiri atas 64 presenter (oral dan poster) peserta biasa, dan tamu undangan. Peserta berasal dari universitas di Indonesia antara lain UNAIR, ITS, UNS, UNSYIAH, Universitas Negeri Medan, Universitas Lambung Mangkurat, UI, dan UB sendiri. Dari luar negeri dari Thailang (SUT) dan Malaysia (UTM).

Kegiatan ISSMART ini direncanakan akan diadakan setiap tahun, dan lokasi kegiatannya dapat berpindah-pindah sesuai dengan negara tempat institusi yang bekerja sama dengan PS SMONANEGES. Misalnya pada tahun ini diadakan di Indonesia, ISSMART 2020 akan diadakan di Thailand, dan ISSMART 2021 akan diadakan di Malaysia.

Peserta berfoto bersama setelah penutupan acara

Acara ini dibuka pada tanggal 11 Juli 2019, oleh Wakil Rektor 1, Prof. drh. Aulanni’am, DES, yang menyampaikan bahwa kegiatan ISSMART yang diadakan oleh PS di UB sangat bermanfaat, dan perlu diadakan setiap tahun. Disebabkan temu ilmiah internasional dapat menjadi wadah sharing ilmu pengetahuan dan juga memungkinkan terjadinya kolaborasi internasional antara UB dan institusi dari dalam dan luar negeri.  Sedangkan untuk penutupan ISSMART 2019 dilakukan oleh Dr Dodi Wirawan Irawanto, selaku Sekretaris LPPM UB. Dalam pidato penutupan, Dr Dodi Wirawan Irawanto, menyatakan bahwa kegiatan ISSMART ini dapat digolongkan sebagai kegiatan internasional yang sukses dan berjalan lancar, dan diharapkan peserta akan kembali untuk ISSMART 2020. Pada kegiatan ini juga diadakan pengumuman awards untuk presenter oral dan poster terbaik. Presenter oral terbaik adalah Bambang Setiawan (UNLAM) dan Eka Yudha Rahman (UB), presenter poster terbaik adalah Saronomo Silaban (Universitas Negeri Medan) dan Christina Destri (Universitas Maarif Hasyim Latif).

 

Close Menu