Pusat Studi SMONAGENES Universitas Brawijaya telah mengadakan Virtual Webinar Series, Series 4 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 24 April 2021, pukul 09.00-11.00 WIB, melalui zoom meeting.

 

Acara ini dihadiri oleh 80 orang peserta, yang merupakan dosen, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum. Peserta berasal dari UB sendiri, selain itu juga dari insitusi lain di kota Malang seperti Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang, UIN Maliki, Universitas Negeri Malang, dan UNISMA. Peserta dari luar Malang antara lain berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Bengkulu, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas, dan dari Universitas ataupun institusi lainnya di Indonesia,

 

Acara ini dibuka oleh ketua Pusat Studi, Anna Safitri, Ph.D tepat pada pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Webinar oleh PS SMONAGENES ini merupakan kegiatan yang ke-4. Dan setiap bulannya rencananya akan diadakan kegiatan Webinar setiap bulannya dengan topik yang berbeda setiap bulannya.

 

Narasumber pada acara webinar Series 4 ini adalah: Prof. dr. Djoko Wahono Soeatmadji, SpPD-KEMD (Professor Dokter Ilmu Penyakit Dalam).  Narasumber kedua adalah Prof. Dian Handayani, SKM, M.Kes., PhD. (Professor Ilmu Gizi), yang juga merupakan ketua Jurusan Gizi, FK UB.Yang menjadi moderator dalam acara ini adalah Ibu apt. Ema Pristi Yunita, S.Farm., M.Farm.Klin.​, yang merupakan dosen jurusan Farmasi, FK UB. Tema pada Webinar Series 4 ini adalah “Sehat Puasa Ramadhan bagi Penderita Diabetes”. Tema ini tentunya sangat relevan karena Webinar Series 4 ini digelar saat bulan Ramadhan 1442 H. Kegiatan Webinar Series 4 ini juga disponsori oleh Dietindo Katering. Dietindo adalah penyedia makanan sehat dan katering Diet, seperti Diet untuk Diabetes Mellitus, Asam Urat, Hipertensi, Gagal Ginjal, penyembuhan pasca operasi, dan lain-lain.

Foto kegiatan webinar 4

Prof. Djoko Wahono Soeatmadji mengawali acara webinar ini dengan tema presentasinya adalah “Pengelolaan Diabetes di Bulan Ramadhan”. Prof. Djoko mengungkap tips bagi penderita diabetes bisa tetap berpuasa dengan sehat. Tips-tips tersebut antara lain: Merubah pola makan, Menghindari makan makanan manis, Memperbanyak minum air ketika berbuka untuk mencegah diuresis osmosis dan dehidrasi, Meminimalisir minum minuman berkafein seperti kopi dan teh, Melakukan olahraga termasuk sholat tarawih, dan Mengubah dosis obat diabetes sesuai anjuran dokter.

 

Pada sesi webinar selanjutnya, Prof. Dian Handayani, memberikan presentasi dengan tema “Tetap Sehat Puasa Ramadhan Bagi Diabetesi”. Dalam paparannya,  “Terdapat tips guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh disaat puasa ramadhan, empat diantaranya yaitu makan makanan dengan gizi seimbang, memperbanyak minum air putih, mengganti snack dengan buah-buahan, dan meminimalisir makan makanan pembuka yg bergula tinggi”.

 

Acara ditutup dengan pengumuman oleh moderator 2 orang peserta yang paling aktif dalam sesi diskusi dan mendapatkan door prize berupa voucher catering senilai masing-masing Rp 500.000. Dua orang peserta terpilih adalah Ibu Aning dan Bapak Moch Fathoni. Semoga webinar Series 4 ini memberikan manfaat dan tambahan ilmu sebesar-besarnya kepada semua peserta yang hadir (as/drts).

Close Menu