Pusat Studi SMONAGENES (Smart Molecules of Natural Genetics Resources) Universitas Brawijaya Kembali mengadakan kegiatan seminar internasional untuk kedua kalinya, yang bertajuk ISSMART 2020 (2nd International Seminar on Smart Molecule of Natural Resources).

Kegiatan seminar internasional ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh PS SMONAGENES. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 Agustus 2020 secara daring sebagai virtual conference. Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Smart Molecule from Natural Resources for Global Pandemic Diseases”.

Keynote speakers yang diundang dalam kegiatan ini adalah Prof James Ketudat-Cairns dari dari Suranaree University of Technology, Thailand; Prof Fahrul Zaman Huyop, dari Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia; Dr. Saki Shirako dari Ritsumeikan University, Jepang, dan dari PS SMONAGENES yaitu Prof Fatchiyah dan Prof Dian Handayani.

Adapun ruang lingkup dari topik-topik presentasi dibagi menjadi 5 bagian yaitu Molecular Sciences, Biomedical Engineering, Nutrigenomics & Nutrigenetics, Biochemistry & Molecular Biology, and Neurosciences. Jumlah peserta yang hadir sekitar 70 orang, terdiri atas 45 presenter oral, dan 25 peserta non-presenter.  Ke Tujuh puluh peserta yang hadir dalam agenda ISSMART 2020 berasal dari berbagai daerah tidak hanya dari Indonesia namun juga berasal dari Jepang (Kyoto University dan Niigata University). Sementara dari Indonesia terdiri dari Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Universitas Hasanuddin, Universitas Syiah Kuala, Poltekkes Medan, UIN Sunan Gunung Djati, dan Universitas Brawijaya.

Acara ini dibuka pada tanggal 25 Agustus 2020, oleh Wakil Rektor 4, Prof. Dr. Sasmito Djati yang menyampaikan bahwa kegiatan ISSMART yang diadakan oleh PS di UB sangat bermanfaat, dan perlu diadakan setiap tahun. Disebabkan temu ilmiah internasional dapat menjadi wadah sharing ilmu pengetahuan dan juga memungkinkan terjadinya kolaborasi internasional antara UB dan institusi dari dalam dan luar negeri.

Sedangkan untuk penutupan ISSMART 2020 dilakukan oleh Dr Bambang Susilo, selaku Ketua LPPM UB. Dalam pidato penutupan, Dr Bambang Susilo, menyatakan bahwa kegiatan ISSMART ini dapat digolongkan sebagai kegiatan internasional yang sukses dan berjalan lancar, dan diharapkan peserta akan kembali untuk ISSMART 2021. Pada kegiatan ini juga diadakan pengumuman awards untuk presenter oral terbaik. Presenter oral terbaik adalah Paradhita Ayu Puspitaloka (UB), Ernawati Sinaga (Universitas Nasional), Ulum Nidhamuddin (Universitas Swadaya Gunung Jati), Djoko Santoso (Unair), Boyfannie Ivan Putra (UB), dan Hironobu Tadaki (Kyoto University) (as, 2020).

Tayangan ulang acara ISSMART 2020 dapat membuka link berikut :

Day-1 ISSMART 2020: https://www.youtube.com/watch?v=XrPuuhN1a-0&t=4968s

Day-2 ISSMART 2020: https://www.youtube.com/watch?v=eLYOuVQn5pA

Close Menu