Pusat Studi SMONAGENES Universitas Brawijaya telah mengadakan Virtual Webinar Series, Series 2 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 27 Februari 2021, pukul 09.00-11.00 WIB, melalui zoom meeting.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara ini dihadiri oleh 77 orang peserta, yang merupakan dosen, peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum. Peserta berasal dari UB sendiri, selain itu juga dari insitusi lain di kota Malang seperti Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim, dan dari Universitas Negeri Malang. Peserta dari luar Malang antara lain berasal dari LIPI, Universitas Udayana, Universitas Airlangga, ITS, ITB Universitas Sriwijaya, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Bengkulu, Universitas Quality Medan, Universitas Ichsan Gorontalo, dan dari Universitas ataupun institusi lainnya di Indonesia,

 

Acara ini dibuka oleh ketua Pusat Studi, Anna Safitri, Ph.D tepat pada pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Webinar oleh PS SMONAGENES ini merupakan kegiatan yang ke-2. Dan setiap bulannya rencananya akan diadakan kegiatan Webinar setiap bulannya dengan topik yang berbeda setiap bulannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Narasumber pada acara webinar Series 2 ini adalah: Prof Dr. Marjono, M.Phil yang merupakan dosen dari Jurusan Matematika Universitas Brawijaya, dan saat ini menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana UB. Narasumber kedua adalah Dr. Sentot Joko Raharjo, S.Si., M.Si, yang merupakan dosen dari Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang (AKAFARMA PIM). Yang menjadi moderator dalam acara ini adalah bapak Bayu Rahayudi, M.T. M.M yang merupakan dosen FILKOM UB.

 

Prof Dr. Marjono, M.Phil mengawali acara webinar ini dengan tema presentasinya adalah “Optimasi Pemodelan Matematika dalam Sistem Imum”. Dalam paparannya beliau menjelaskan bahwa model matematika merupakan usaha untuk menggambarkan suatu fenomena ke dalam bentuk rumus matematis sehingga mudah untuk dipelajari dan dilakukan perhitungan. Model matematika dapat dibuat sederhana atau dibuat lebih rumit sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu aplikasi pemodelan matematika dapat diterapkan pada penelitian tentang sistem imun.

Pada sesi webinar selanjutnya, Dr. Sentot Joko Raharjo, S.Si. M.Si , memberikan presentasi dengan tema “Aplikasi Biomodelling dalam Bidang Farmasi?“. Pada presentasinya, beliau menjelaskan tentang peranan biomodelling dalam penemuan atau skrining senyawa obat-obatan baru dan interaksi antara obat atau ligand dengan reseptor obat yang merupakan protein.

 

Acara ditutup dengan pengumuman oleh moderator 2 orang peserta yang paling aktif dalam sesi diskusi dan mendapatkan door prize. Dua orang peserta terpilih adalah Imam Abu Hanifah, mahasiswa Kimia UB dan Prof. Dr. Dra. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes. dari Universitas PGRI Ronggolawe. Semoga webinar Series 2 ini memberikan manfaat dan tambahan ilmu sebesar-besarnya kepada semua peserta yang hadir (as).

 

Close Menu