Malang-21 Maret 2019

Ratusan peneliti dan akademisi di lingkungan Univesitas Brawijaya berhimpun di hotel Atria Malang pada Rabu-Kamis, 20-21 Maret 2019 untuk mengikuti kegiatan workshop pendampingan dan penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang diadakan oleh LPPM Universitas Brawijaya (UB). Turut hadir juga dalam kegiatan itu ialah Tim peneliti SMONAGENES yang terdiri dari Prof. Dra. Fatchiyah, M.Kes.,Ph.D, Eko Suyanto, S.Si.,M.Sc., dr. Nia Kurnianingsih, M.Biomed dan Bayu Rahayudi,MT.,MM. Tujuan partisipasi tim peneliti SMONAGENES adalah untuk meningkatkan pemahaman dalam penulisan proposal yang berkualitas serta menjadi bagian dari upaya meningkatkan jumlah proposal penelitian dan pengabdian masyarakat yang diterima melalui pendanaan DRPM.

“Kegiatan ini menjadi momen yang tepat bagi peneliti untuk meningkatkan kualitas penulisan proposal agar memperbesar peluang proposal didanai. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mendorong proposal dari peneliti muda/pemula agar dapat didanai sehingga menjaga sustainibilitas”, pesan Dr. Bambang Susilo selaku ketua LPPM UB saat memberikan sambutan, Rabu (20/3/2019).

Pada kesempatan yang sama, Sugiono, PhD yang saat ini menjabat sebagai KKJF Penelitian LPPM UB juga menyampaikan bahwa tahun ini jumlah dana penelitian dan pengabdian masyarakat yang diperoleh peneliti UB meningkat dari tahun sebelumnya. Hal ini diharapkan mampu memicu semangat peneliti lain untuk menulis proposal berkualitas sehingga bisa mendapatkan pendanaan.

Kegiatan workshop dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama berupa pemaparan materi dari 4 pemateri yaitu Dr. Ir. Mustangimah, M.Si., “Kebijakan penelitian ke depan dan strategi peningkatan kualitas proposal”, Prof. Agus Subekti,M.Sc.,PhD “Kebijakan pengabdian masyarakat dan kinerja abdimas/penelitian”, Akhmad Sabarudin,S.Si.,M.Sc.,Dr.Sc “Tips dan strategi menulis proposal pendanaan DRPM” dan Prof.Dr.Ir.Keppi Sukesi,M.S “Testimoni penilaian reviewer nasional dalam menilai proposal pendanaan DRPM”. Pada hari kedua, peserta workshop termasuk tim peneliti SMONAGENES diberikan kesempatan untuk presentasi proposal dihadapan reviewer internal.

Menurut anggota tim peneliti SMONAGENES, Eko Suyanto mengatakan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya, apalagi saya adalah peneliti muda yang sedang mencari berbagai sumber ilmu untuk meningkatkan kapasitas diri. Banyak ilmu yang saya peroleh terutama bagaimana menulis proposal yang berkualitas. Saya senang sekali hadir di kegiatan ini”. (eshaf)

Close Menu