Jumat, 09 April 2021, Tim Riset LPDP-PRN PAJALE, Prof. Fatchiyah, M.Kes., PhD melaksanakan monitoring dan evaluasi internal kunjungan lapang ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, yang merupakan mitra penelitian dari tim padi 05. Kegiatan monitoring dihadiri oleh Tim Peneliti yang diketuai oleh Prof.Fatchiyah, M.Kes., PhD, Tim LPPM UB yang diketuai oleh Bapak Dr. Ir. Bambang Susilo, MSc.Agr, Tim BBPadi yang diketuai oleh Bapak Dr. Priatna Sasmita dengan tim Bapak Dr.Yudhistira, SP., MP dan Bapak Dr Aris Hairmansis.

Kegiatan monev kunjungan lapang disambut hangat oleh tim BBPadi dan juga didukung oleh tim LPPM UB. Dr. Priatna Sasmita mengatakan bahwa Tim BBPadi dengan terbuka mendukung dan bekerjasama untuk meningkatkan kualitas padi di Indonesia, dan harapan besar bagi tim BBPadi dapat membudidayakan padi berpigmen yang lebih beragam. Ketua LPPM UB mengatakan bahwa kunjungan ini dapat digunakan sebagai wadah silaturahmi dan kerjasama kedepannya guna mendukung penelitian tim Prof. Fatchiyah.

Gambar 1. Monitoring dan Evaluasi internal lapang Tim peneliti Prof.Fatchiyah, M.Kes., PhD dan Tim BBPadi oleh LPPM Universitas Brawijaya

Kegiatan monitoring yang dilakukan tidak hanya berdiskusi, tetapi juga melakukan peninjauan laboratorium untuk analisis senyawa yang terkandung dalam beras, peninjauan ruang penyimpanan benih, dan peninjauan penanaman benih di sawah. Fasilitas yang dimiliki oleh BBPadi sangat mumpuni untuk pengembangan penelitian padi, seperti kebun percobaan, rumah kaca, laboratorium uji proksimat, laboratorium uji biologi tanaman, laboratorium uji hara tanah dan tanaman, laboratorium uji mutu beras dan gabah, laboratorium uji biologi hama penyakit, laboratorium uji mutu benih, dan laboratorium Flavor. Fasilitas tersebut guna meningkatkan kualitas dan mempertahankan kelestarian, jumlah dan mutu plasma nutfah padi di Indonesia (drts/as).

Gambar 2. Foto Bersama Tim peneliti Prof.Fatchiyah, M.Kes., PhD, LPPM UB dan Tim BBPadi Subang

Close Menu