Malang- 9 Juli 2020

PS SMONAGENES UB untuk pertamakalinya berhasil mengadakan kegiatan workshop online ditengah pandemi global COVID-19. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja PS SMONAGENES pada tahun 2020 yang sejatinya direncanakan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2020 namun karena adanya pandemi global COVID-19, kegitan ini tertunda sekian lama dan baru dapat dilaksanakan di bulan Juni 2020. Kegiatan workshop online ini bertajuk “Kiat jitu Menembus Pendanaan Riset Nasional dan Internasional” dengan menghadirkan pembicara, Dr. Sc. Akhmad Sabarudin, S.Si., M.Sc., Rabu, 08/07/2020. Beliau merupakan dosen dari Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Brawijaya, yang memiliki banyak pengalaman dalam mendapatkan hibah penelitian baik dari tingkat internal UB, nasional dan juga internasional. Selain aktif mengajar, beliau juga seorang  penulis jurnal yang produktif dengan publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi internasional dan memiliki H-index yang tinggi, yaitu 18.

Kegiatan workshop berlangsung mulai dari jam 09.00 dan berakhir pada jam 11.00 WIB. Kegiatan dihadiri oleh lebih dari 120 peserta dari berbagai institusi dan daerah, yang meliputi dosen, peneliti, dan mahasiswa, baik mahasiswa S1, S2, maupun S3. Dari segi insitusi, peserta yang menghadiri workshop sangat beragam. Ada yang berasal dari beberapa Fakultas di lingkup Universitas Brawijaya, seperti FK, FMIPA, FILKOM, dan FP maupun institusi di luar UB seperti UNISMA, STIKES Ken Dedes, Poltekkes Kemenkes Malang, Balitkabi, dan Akafarma. Peserta dari luar Malang berasal dari Kediri, Jember, Jombang, Tulungagung, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, Palangkaraya, dan terjauh berasal dari Ternate.

Dalam presentasinya, Bapak Akhmad Sabarudin menjelaskan tentang tips dan triks bagaimana menyusun proposal penelitian yang berkualitas, ide-ide apa yang harus digali, bagaimana cara pembuatan road map penelitian yang baik, dan beberapa contoh dari pengalaman pribadi beliau dalam menyusun proposal. Selama kegiatan berlangsung, pembicara sangat semangat menyampaikan materi sehingga peserta sangat antusias mendengarkan dan mengajukan berbagai pertanyaan yang dijawab dengan baik dan tepat oleh pembicara.

Workhop online yang diadakan oleh PS SMONAGENES UB.

Pembicara sedang menyampaikan materi mengenai penyusunan proposal riset.

“Menyusun proposal penelitian harus mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah ketahui dengan tepat skema penelitian yang diikuti dan susun road map penelitian dengan baik. Membuat road map penelitian tidak memasukkan semua rencana kegiatan riset tapi visi rencana riset dan tahapan strategis untuk mencapai tujuan riset”, ujar Akhmad Sabarudin.

Semoga kegiatan workshop online yang diadakan oleh PS SMONAGENES ini memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada para peserta, khususnya peneliti dan dosen muda yang akan mengajukan proposal pendanaan penelitian. (ann80)

Close Menu