Malang, 22 Oktober 2019

Pusat Studi SMONAGENES Universitas Brawijaya kembali mengadakan kegiatan seminar nasional diseminasi pengabdian untuk kedua kalinya pada tanggal 17-18 Oktober 2019. Kegiatan seminar kali ini mengusung tema “Berkarya Membangun Negeri Menuju Revolusi Industri 4.0.” Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi dosen, pengabdi, maupun peneliti untuk mendiseminasikan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sekaligus sebagai ajang silaturahmi untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan dalam mengembangkan karya pengabdian untuk masyarakat. Berkaitan dengan tema tersebut, panitia seminar menghadirkan 3 narasumber untuk berbagi ilmu mengenai karya pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengoptimalkan potensi daerah serta strategi menembus pendanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu:

1) Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng., PhD (Kepala Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI – Tangerang Selatan) dengan judul “Strategi Keberhasilan Hilirisasi Paten Penerbitan Produk Dalam Negeri”

2) Dr. Ir. Atiek Iriany, MS (Ketua Kelompok Jabatan Fungsional Pengabdian LPPM Universitas Brawijaya – Malang) dengan judul “Peran Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat”

3)  Diana Isliutamimah, S.Farm., Apt. (CEO Klinik Kecantikan PRONAFA – Sidoarjo) dengan judul “Entrepreneurship in Beauty Industry

Prof. Fatchiyah menyerahkan secara simbolik sertifikat kepada Prof. Nurul Taufiqu Rahman

Jumlah peserta kegiatan seminar nasional pengabdian kepada masyarakat yang kedua ini tidak kalah banyak dibandingkan tahun sebelumnya dengan jumlah total pendaftar mencapai 42 orang dari berbagai institusi di beberapa kota di Indonesia antara lain Malang, Surabaya, Magelang, Banyuwangi, Medan, Riau, Kefamenanu (Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT), Jember, dan Tulungagung. Kegiatan serupa akan diadakan secara rutin setiap tahun oleh Pusat Studi SMONAGENES Universitas Brawijaya. Pada tahun ini kegiatan seminar nasional pengabdian kepada masyarakat telah digabungkan dengan kegiatan pameran (exhibition expo) produk-produk/prototipe hasil pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan para peserta seminar tahun ini juga dapat berpartisipasi kembali pada kegiatan serupa tahun depan. Pada kegiatan ini juga diberikan penghargaan kepada dua peserta kategori penyaji oral terbaik yaitu:

1) Hermina Manlea, S.Si, M.Env.Sc (Universitas Timor, Kefamenanu) dengan judul presentasi “Workshop Penanganan Sampah Bagi Para Lurah dan Ketua RW (WASTE MANAGEMENT WORKSHOP FOR LEADERS) di Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara”

2) Barlah Rumhayati, S.Si., M.Si., PhD (Universitas Brawijaya, Malang) dengan judul presentasi “Pemberdayaan Kelompok Korban Lumpur Lapindo dalam Pengelolaan Air Menggunakan Teknologi Fitoremediasi”

Selain itu juga ditetapkan satu peserta kategori peserta teraktif yaitu Ema Pristi Yunita, S.Farm., M.Farm.Klin., Apt. (Universitas Brawijaya, Malang) yang secara aktif bertanya kepada banyak penyaji oral terkait presentasi hasil pengabdiannya. Semoga seluruh peserta mendapatkan manfaat dari kegiatan ini sehingga mampu berkarya lebih untuk mengabdi kepada masyarakat dan negeri. Mari berkarya mengabdi untuk masyarakat dan negeri (epy).

Close Menu