Malang-3 Oktober 2019

Pusat StudI SMONAGENES Universitas Brawijaya menerima kunjungan dari peneliti Australia untuk membicarakan peluang kerjasama penelitian internasional pada hari Selasa, 1 Oktober 2019. Pada kesempatan itu, tim peneliti SMONAGENES yang terdiri dari Prof. Fatchiyah, M.Kes.,Ph.D, Anna Safitri,M.Sc.,Ph.D, Eko Suyanto, M.Sc., dr. Nia Kurnianingsih, M.Biomed, Dian Handayani, Ph.D, drg. Viranda Sutanti, M.Si. dan Cleonara Yanuar Dini, S.Gz,Dietisien,M.Sc. melakukan diskusi dengan Prof. Dr. Ir. Hendrawan Soetanto, M.Rur.Sc dan Dr. Nick Hudson, Senior Lecture pada bidang Biokimia dan metabolisme dari Universitas Queensland Australia

Sebelum diskusi, Dr. Nick melakukan kunjungan laboratorium untuk melihat fasilitas peralatan laboratorium. Beliau terkesan dengan fasilitas laboratorium mengingat riset yang akan ia lakukan nantinya terkait dengan molekuler dan metabolisme.

“Peralatan yang ada di laboratorium sudah bagus. Fasilitas itu akan membantu riset di bidang genetika molekuler sehingga bisa menekan biaya riset. Kerjasama sangat memungkinkan dilakukan”, ujarnya.

Diskusi diawali dengan perkenalan singkat antar peneliti. Setiap peneliti memperkenalkan diri beserta riset yang ditekuni selama ini sehingga terjadi diskusi interaktif yang hangat dan progresif. Setidaknya ada kesamaan visi dan minat riset yang didalami oleh tim peneliti SMONAGENES dengan Dr. Nick Hudson. Selama ini, Dr. Nick melakukan riset mengenai perkembangan, fisiologi, metabolisme dan konservasi spesies asli di Australia menggunakan pendekatan bioteknologi omics. Ia juga minat pada genomic, analisis flux dan penggunaan sumberdaya pertanian. Diskusi semakin menarik ketika setiap peneliti saling berdiskusi mengenai peluang kerjasama riset kolaboratif yang saling menguntungkan kedua pihak.  (eshaf)

Close Menu